23 September 2019 08:40 wib

Medan, (UIN SU) Pusat pengembangan bisnis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan menggelar acara sosialisasi Bisnis Kampus PTKIN Se Indonesia di Hotel LJ Medan dari tanggal 12 - 13 September 2019 yang lalu.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua Forum Pusat Bisnis PTKIN, Drs. AAm Abdillah, M.Ag, Ketua pusat pengembangan bisnis PTKIN Se Indonesia, perwakilan Bank Syariah, serta para dekan dan wakil dekan, para ketua lembaga, para kepala pusat, para kabag dan kasubbag biro rektorat serta pegawai dan dosen di lingkungan UIN Sumatera Utara, dengan jumlah peserta 90 orang.

Acara ini merupakan agenda pusat pengembangan bisnis UIN Sumatera Utara dalam rangka mensosialisasikan peran dan fungsi bisnis kampus dalam lingkungan PTKIN yang berstatus BLU (Badan Layanan Umum).

Sosialisasi hari pertama adalah launching dan pengenalan Aplikasi UIN Network. Aplikasi ini merupakan kerjasama UIN Sumatera Utara dengan mitra Asosiasi Hijrah Group. UIN Network merupaka terobosan UIN Sumatera Utara dalam pengembangan bisnis untuk menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0.

Dalam sambutannya ketua pusat pengembangan bisnis UIN Sumatera Utara, Sangkot Azhar Rambe, S.HI, M.Hum menyatakan, perkembangan serta inovasi dalam pengelolaan bisnis di lingkungan kampus khususnya PTKIN BLU merupakan suatu keharusan dan menjadi tolak ukur dalam kemandirian PTKIN tersebut. “Terkit di launchingnya aplikasi UIN Network, diharapkan dapat meningkatkan potensi dan menanamkan mental entrepreneurship di lingkungan kampus,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan perwakilan pusat pengembangan bisnis se-Indonesia. Dalam acara ini rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. KH. Saidurahman, M.Ag, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap acara sosialisasi dan silaturahmi pusat pengembangan bisnis PTKIN Se Indonesia ini. “Semoga melalui acara ini, dapat menghasilkan terobosan dan inovasi dalam pengembangan bisnis kampus,” ujarnya.

Hari kedua, dilanjutkan dengan sharing experience, discussion panel dan problem solving, yang dibawakan oleh ketua forum pusat pengembangan bisnis PTKIN, Drs. Aam Abdillah, M.Ag, dengan peserta ketua/kepala pusat pengembangan bisnis PTKIN se Indonesia.

 Acara sosialisasi bisnis PTKIN Se Indonesia, Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sumatera Utara Tahun 2019 ditutup dengan field trip mengunjungi kawasan wisata gundaling, berastagi. (Pusbangnis UIN-SU)