21 Oktober 2019 09:11 wib

Medan, (UIN SU)
Racana Pandega H Adam Malik Hj Fatmawati Gugusdepan 13.409-13.410 Pangkalan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara menggelar pertemuan teknis (technical meeting) Kegiatan Kemsama Penggalang (KKP) ke-VI se-Sumbagut 2019 di Aula Diskominfo Sumut Jalan HM Said Kecamatan Medan Timur, Sabtu (19/10).

Kegiatan diikuti para pembina pendamping utusan lebih dari 30 sekolah-sekolah MTs dan SMP sederajat dari Aceh dan Sumut di antaranya Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Asahan, Pematangsiantar, Simalungun dan lainnya. Pertemuan teknis membahas mekanisme kegiatan umum dan terkait 10 mata perlombaan dalam KKP VI 2019.

Ketua Gugusdepan 13.409 UIN-SU, Dr H Ali Murthado, MHum menyampaikan, kegiatan tahunan ini digelar sebagai wadah silaturahmi pramuka di Sumatera Utara dan Aceh serta sebagai wahana pramuka penggalang unjuk bakat dan keterampilan melalui berbagai lomba. Diharapkan kegiatan berjalan aman dan lancar serta mendapatkan hasil terbaik. Ia menjelaskan, mengelola suatu kegiatan kepramukaan di tingkat pramuka pandega juga merupakan salah satu metode pendidikan dan ajang penyaluran kompetensi, kecakapan, pengujian diri dan keterampilan pandega. "Sesuai dengan sifat pembinaan yaitu bina diri, bina satuan hingga bina masyarakat," jelasnya.

Ketua Dewan Racana 13.409, Aulia Hamdi Dwi Syahroni didampingi Ketua Reka Kerja KKP VI Sumbagut 2019, Muhammad Khoir Simamora menyampaikan, kegiatan yang sudah disiapkan sejak beberapa bulan lalu ini telah menjalani beberapa tahapan persiapan dan perencanaan. "Mulai dari diskusi dan rapat-rapat perencanaan giat, penyusunan Juklak dan Juknis kegiatan serta administrasi, penyebaran, kepesertaan hingga pada hitungan hari pelaksanaan, kami juga telah melaksanakan pertemuan teknis dewan juri, rapat besar dan pertemuan teknis pembina pendamping. Kita berharap hasil yang maksimal," tukasnya.

Diketahui, kegiatan berbentuk perkemahan dan kompetisi ini akan digelar pada 8 hingga 10 November 2019 bertempat di Bumi Perkemahan Kampus II UIN-SU Jalan Willem Iskander Medan. Sampai saat ini, peserta mencapai sekitar 700 pramuka penggalang bersama para Bindamping yang berasal dari 37 sekolah dari Aceh dan Sumut. Hingga pada Sabtu (19/10) pendaftaran peserta ditutup.

Pertemuan teknis dimulai dengan pembukaan dan upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, pengantar ketua dewan juri dan berpuncak para pembahasan dan tanya jawab seputar teknis kegiatan dibawakan bidang giat bersama para pembina pendamping.

Pada kegiatan ini, 10 mata lomba dilaksanakan bagi pramuka penggalang. Lomba yang dinilai sesuai dengan nilai kepramukaan dan perkembangan peserta didik serta sejalan dengan perkembangan zaman. Hal ini sesuai dengan tema diangkat, yaitu menuju Indonesia emas di tahun 2045. Maka, generasi muda dari sekarang perlu disiapkan demi menyongsong dan mendapatkan manfaat dari Indonesia emas 2045 dan bonus demografi.

"Terkait persiapan kegiatan, kami berupaya menyiapkan pelaksanaan kegiatan yang terbaik bagi peserta. Dengan segala dukungan yang ada, baik dari anggota racana, para pembina, para pemangku kepentingan yang terkait serta para purna racana. Kita berharap kegiatan ini berjalan lancar," ujar koordinator kegiatan, Mega Dewi Lestari disampingi sekretaris kegiatan Selma Pertiwi Harahap. (Humas KKP VI)